Home » » MEKANISME EPISODE ASMA DAN TINGKAT KEPARAHAN GEJALA

MEKANISME EPISODE ASMA DAN TINGKAT KEPARAHAN GEJALA

Jumat, 13 Maret 2020 | 0 komentar

Mekanisme episode asma dan tingkat keparahan gejala-Orang yang menderita asma biasanya memiliki penyakit ini secara permanen, dan kerap mengalami yang disebut sebagai episode asma. Episode asma adalah istilah untuk gejala asma yang muncul lebih parah daripada biasanya. Secara umum, episode asma yang terlihat jelas adalah penderitanya jadi sulit bernapas. Akan tetapi, kebanyakan orang tak memahami mekanismenya.

Apa yang Terjadi Saat Episode Asma
Ketika episode asma menyerang, biasanya orang mengalami sesak napas, napas mendesing dan batuk-batuk. Mekanisme yang terjadi adalah sebagai berikut:

• Ketika rangsangan episode asma terjadi (misalnya karena asap rokok atau debu), otot-otot yang ada di sekitar jalan napas mulai mengencang sehingga menghalangi aliran udara.

• Aliran udara yang terhambat juga menyebabkan inflamasi pada saluran udara sehingga semakin mempersempit jalan napas.

• Sebagai reaksi alami dari kondisi ini, saluran udara menghasilkan lender (mukus) yang semakin mempersempit aliran udara.

Hal-hal inilah yang mengakibatkan gejala lain selain sesak napas seperti napas yang berbunyi serta rasa seperti ada lendir di tenggorokan.

Tingkat Keparahan Asma
Gejala asma, seperti gejala penyakit lainnya, juga memiliki tingkat keparahan. Serangan asma ringan mungkin menyebabkan seseorang sesak napas, namun biasanya akan dengan cepat berlalu apalagi jika orang tersebut sudah siap dengan inhaler. Akan tetapi, ada juga serangan asma yang begitu parah hingga bisa membuat pingsan dan menghalangi darah mengalir ke bagian tubuh vital.

INFO, KONSULTASI & PELAYANAN, HUB :

KLINIK ALTERNATIVE WIENARTO
SOWAN LOR (Barat Prapatan Munyuk 500m)
BUGEL – KEDUNG – JEPARA - JAWA TENGAH Kode Pos 59463

HP/WA. 081 2289 3709