Home » » PENYAKIT DIARE, APA SAJA PENYEBABNYA

PENYAKIT DIARE, APA SAJA PENYEBABNYA

Jumat, 22 Januari 2016 | 0 komentar

Penyakit Diare, Apa Saja Penyababnya-Jika Anda mengalami penyakit diare, biasanya Anda menduga bahwa Anda mungkin ‘salah makan.’ Keracunan akibat bakteri pada makanan yang tidak diolah dengan baik atau sudah basi memang bisa menimbulkan diare, tetapi penyebab diare bukan hanya itu. Ada beberapa penyebab diare yang harus Anda waspadai agar Anda bisa menghindarinya.

Beberapa Penyebab Diare

Tadi telah disebutkan bahwa bakteri dalam makanan merupakan salah satu penyebab umum diare. Akan tetapi, hal-hal berikut juga dapat menjadi penyebab penyakit diare :

1. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C, dimana vitamin C yang berlebihan (misalnya lebih dari 2000 mg per hari) akan mengganggu proses penyerapan nutrisi oleh usus dan mengakibatkan buang air besar tidak normal.
  2. Alergi pada gula susu atau gula buah tertentu.
  3. Makan yang terburu-buru sehingga mengakibatkan makanan tidak diserap dengan baik oleh usus besar. Hal ini mungkin tidak disadari, apalagi jika makan terburu-buru sudah menjadi kebiasaan.
  4. Konsumsi alkohol yang melampaui batas, apalagi pada alkoholik berat dimana biasanya mereka jadi malas makan karena merasa ‘penuh’ setelah minum.
  5. Bakteri yang diperoleh dari sanitasi buruk atau kebiasaan tidak mencuci tangan setelah dari toilet.
  6. Penyakit berat seperti botulisme, kolera dan usus buntu.

Diare dapat dijadikan pertanda mengenai kebiasaan buruk atau kebiasaan makan Anda. Jika Anda merasa sudah menjalani gaya hidup sehat, coba periksakan ke dokter jika Anda sering diare; siapa tahu, itu adalah pertanda penyakit berat atau gejala tertentu.

Tilp.        0851 0533 2855