Home » » WASPADAI PENYAKIT GASTRITIS

WASPADAI PENYAKIT GASTRITIS

Kamis, 19 November 2015 | 0 komentar

Waspadai Penyakit Gastritis-Gastritis adalah penyakit gangguan pencernaan yang menyebabkan radang lambung. Gejala-gejalanya adalah nyeri ulu hati, mual, kembung, dan kehilangan nafsu makan. Bila sedang kambuh penderita akan merasakan nyeri hebat sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab dan Pencegahan Gastritis

Penyebab gastritis adalah pola makan yang tidak sehat dan sering terlambat makan, sehingga asam lambung yang sebenarnya bertugas membantu mencerna makanan yang kita konsumsi akan melukai lapisan dalam lambung karena perut sering kosong. Penyebab lain adalah karena bakteri Helicobacter pylori yang dapat merangsang produksi asam lambung. Stres berat juga diduga berkontribusi untuk memicu penyakit ini.

Agar penyakit ini tidak menyerang Anda dan sakit ulu hati tidak menyiksa anda, usahakan untuk makan secara teratur tiga kali sehari pada waktu yang sama setiap harinya. Jika pekerjaan Anda membuat Anda tertekan, cobalah melakukan relaksasi dengan berlatih yoga atau rekreasi bersama keluarga di akhir pekan. Yang lebih penting terapkanlah pola makan sehat sehingga kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi sehingga kesehatan Anda secara keseluruhan akan terjaga dan lebih kuat melawan bakteri atau parasit merugikan.

Makanan Pantangan Bagi Penderita

Bila Anda adalah penderita gastritis dan sering tersiksa dengan rasa sakit ulu hati, sebaiknya hindari makanan yang merangsang asam lambung seperti terlalu masam, pedas, panas, atau dingin. Hindari pula makanan yang sulit dicerna seperti sayur dan buah yang kaya serat, merangsang gas pada lambung, buah yang mentah, lemak, minuman bersoda, santan, dan minuman berkafein.

Pin BB.  29E22F2F
WA.       081 390 682 015