Home » » PENYAKIT MALARIA

PENYAKIT MALARIA

Jumat, 10 Juli 2015 | 0 komentar

Penyakit Malaria-Salah satu masalah kesehatan di Indonesia adalah penyakit malaria. Malaria merupakan penyakit endemis di daerah tropis. Penyakit ini disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium falciparum yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles sp. Malaria dapat menyerang semua usia mulai dari usia anak-anak, remaja, sampai dewasa. Gejala malaria yang dapat dijumpai yaitu demam, sering berkeringat, penurunan nafsu makan dan berat badan. Jika malaria sudah berat atau menimbulkan komplikasi, maka gejala yang ditimbulkan juga lebih berat seperti gangguan kesadaran, kejang, demam tinggi, lemas, sesak napas dan perdarahan di hidung.

Pencegahan pada penyakit malaria dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :

1.   Menghindari gigitan nyamuk, misalnya dengan menggunakan pakaian lengan panjang, tidur dengan memakai kelambu, pakai lotion anti nyamuk atau menggunakan obat nyamuk di ruangan.

2.   Kemoprofilaksis, pada umumnya diberikan kepada orang-orang yang hendak berpergian ke daerah endemik malaria. Obat-obat antimalaria yang digunakan sebagai kemoprofilaksis ini dapat mencegah terjadinya infeksi penyakit malaria.

3.   Pemberantasan sarang nyamuk yang menjadi tempat hidup nyamuk Anopheles.

Pencegahan terjadinya komplikasi pada penyakit malaria :

1.   Deteksi tanda dan gejala sedini mungkin untuk menghindari adanya komplikasi yang dapat ditimbulkan dari malaria. Semakin dini terdeteksi, kemungkinan untuk komplikasi dari penyakit ini semakin kecil.

2.   Pemberian obat malaria yang efektif dan pengobatan yang dilakukan sedini mungkin akan dapat mencegah timbulnya komplikasi.

3.   Melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencegah terjadinya kegagalan suatu organ akibat penyakit ini.

Demikian beberapa cara pencegahan terhadap penyakit ini. Namun apabila anda dapat mengenali tanda dan gejala malaria sedini mungkin, maka anda dapat mencegah terjadinya komplikasi akibat malaria.

Pin BB.  29E22F2F
WA.       081 390 682 015