Home » » PENYEBAB DAN PENANGANAN PENYAKIT ASMA

PENYEBAB DAN PENANGANAN PENYAKIT ASMA

Kamis, 18 Juni 2015 | 0 komentar

Penyebab dan Penanganan Penyakit Asma-Tahukah Anda bahwa penyakit asma diderita oleh lebih dari 300 juta orang di dunia dengan 7 juta penderita adalah anak-anak.  Penyakit ini tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari melainkan dapat juga mengancam nyawa penderita. Akibat menderita asma, anak-anak menjadi terbatas aktivitasnya, mengalami gangguan belajar, bermain, bahkan tidur.

Penyebab penyakit asma

Penyakit yang pada umumnya terjadi karena diturunkan ini disebabkan karena peradangan lapisan saluran udara pada paru-paru sehingga menyebabkan penyempitan saluran napas. Hal ini dapat dipicu oleh rangsangan dari bulu binatang, debu, suhu dingin, olah raga, polusi udara, serbuk sari, dan sebagainya. Pada orang yang tidak menderita asma, paru-parunya rangsangan ini tidak akan mempengaruhi saluran pernapasan. Selain beberapa penyebab di atas, serangan asma juga bisa terjadi pada saat tertekan atau cemas.

Pengobatan

Penderita asma masih dapat hidup normal dan beraktivitas seperti orang kebanyakan tetapi mereka harus berhati-hati dan menghindari berbagai kondisi yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit yang mereka derita. Bila asma menyerang biasanya para penderita meringankan penyakitnya dengan obat-obatan yang dapat membuka saluran napas.

Obat-obatan ini bisa dalam bentuk inhaler yang dihirup, obat yang diminum rutin setiap hari, atau suntikan yang diberikan pada kondisi serangan asma yang  parah. Orang yang mempunyai penyakit bawaan asma sejak lahir akan membawa penyakit tersebut seumur hidupnya. Sayangnya hingga saat ini para ahli belum bisa mengidentifikasi gen yang bertanggung jawab menyebabkan adanya bayi yang lahir dengan membawa penyakit asma.

Pin BB.  29E22F2F
WA.       081 390 682 015