Home » » Mengenal tumor dalam Rahim dan gejalanya

Mengenal tumor dalam Rahim dan gejalanya

Senin, 01 September 2014 | 0 komentar

Mengenal tumor dalam Rahim dan gejalanya-Jika Anda wanita berusia 35 tahun ke atas, berhati-hatilah menjaga kesehatan rahim terutama jika Anda memilih hamil pada usia ini. Pasalnya, ada resiko gangguan kehamilan terkait tumor rahim alias mioma uteri, suatu kondisi dimana jaringan tumor muncul pada otot rahim dan bisa tumbuh ke arah mulut atau dinding rahim.

Penyakit ini kerap jarang terdeteksi terutama jika seorang wanita jarang melakukan pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan panggul, karena sebagian wanita didiagnosis memiliki tumor rahim ketika mereka melakukan pemeriksaan panggul.

Gejala

Jaringan tumor di dalam rahim bisa membesar ketika dirangsang oleh produksi hormon estrogen, dan bisa membesar seiring masa kehamilan. Akibatnya, pertumbuhan janin pun bisa terganggu. Jika Anda tidak hamil sekalipun, tumor ini masih bisa sangat berbahaya.

Gejala yang muncul akibat adanya tumor rahim :

• Nyeri hebat pada daerah perut, panggul dan mulut rahim.
  • Pendarahan hebat walaupun sedang tidak di masa haid atau sudah menopause.
  • Susah buang air besar dan tidak bisa mengatur keluarnya buang air kecil karena pencernaan dan kandung kemih tertekan oleh pertumbuhan tumor.
  • Komplikasi berupa gangguan fungsi ginjal ketika tumor menyebar ke tangkai rahim dan mengganggu kerja ginjal.
  • Infeksi rahim.

Pendeteksian yang cepat dapat mengurangi efek buruk penyebaran tumor pada mulut rahim, serta bisa membantu Anda jika ingin bisa hamil. Karena itu, melakukan pemeriksaan panggul dan pemeriksaan mulut rahim sejak muda sangat penting untuk mendeteksi keberadaan penyakit ini.

Pin BB : 29E22F2F