Informasi Situs :
Home » » Bahaya Diabetes Gestasional Terhadap Janin

Bahaya Diabetes Gestasional Terhadap Janin

Rabu, 11 Juni 2014 | 0 komentar

Bahaya Diabetes Gestasional Terhadap Janin-Indonesia merupakan negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia (2006). Kondisi ini diperparah lagi dengan penderita yang tidak sadar bahwa dirinya menderita penyakit ini.  Memang penyakit ini tidaklah mudah diidentifikasi, perlu dilakukan tes darah karena tidak ada tanda fisik apapun yang memperlihatkan bahwa gula di dalam tubuh berlebih. Siapa saja dapat terkena bahaya diabetes, termasuk ibu hamil.

Diabetes gestasional pada ibu hamil

Tipe diabetes yang sering menyerang ibu hamil biasanya diabetes gestational. Kondisi ini tidak harus disebabkan oleh faktor keturunan atau riwayat kesehatan apapun sehingga anda patut waspada. Tingginya angka pengidap dibates disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya ke dokter untuk melakukan medical check up, konsultasi ataupun upaya lain.

Ibu hamil tentunya harus berhati-hati terhadap bahaya diabetes gestasional karena penyakit ini dapat membahayakan ibu dan janin. Sebuah penelitian di University of Liverpool Inggris mengungkapkan bahwa bayi yang lahir dari ibu penderita diabetes beresiko 10 kali lipat lebih tinggi mengalami gangguan kongenital atau defek kongenital. Menurut jurnal yang ditulis dalam European heart menyebutkan janin yang telahir dari ibu hamil penderita diabetes tipe 1 dan 2 lebih beresiko melahirkan janin yang berpotensi mengidap kelainan pembesaran ventrikel jantung dibandingkan ibu yang mengidap diabetes gestational.

Diabetes gestasional biasanya memang reda setelah melahirkan. Namun, prognosisnya cukup buruk, terutama bagi sang bayi. Oleh sebab itu, untuk menghindari bahaya diabetes gestasional, ibu hamil harus mengatur pola makannya sejak dini.





Bp. WIENARTO, S.Pd

Hp.   081 22 89 3709 

Telp. 0291.333 2855

PIN BB. 29E22F2F


SILAHKAN BERKUNJUNG KE SITUS KAMI



MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA DENGAN MEMBACA ARTIKEL DIBAWAH SINI :














Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KLINIK WIENARTO - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger