Home » » Komplikasi diabetes

Komplikasi diabetes

Selasa, 25 Maret 2014 | 0 komentar

Komplikasi diabetes merupakan salah satu penyakit yang menakutkan yang bisa diakibatkan oleh

Penyakit jantung, gagal ginjal, dan infeksi.

Inilah diantara Penyakit yang Muncul Akibat Komplikasi Diabetes

Diabetes atau sering juga disebut sebagai kencing manis adalah salah satu penyakit yang banyak ditakuti  karena menimbulkan berbagai penyakit lain yang menyerang organ vital tubuh kita. Penyakit komplikasi diabetes ini lebih sering menjadi penyebab tutup usianya pasien dibandingkan dengan penyakit utamanya.

Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang timbul akibat komplikasi penyakit kencing manis.

·           Penyakit jantung; penderita kencing manis yang enggan menjaga pola makan sehingga gula darah menjadi tidak terkontrol dapat berimbas pada kerusakan pembuluh darah jantung yang bertugas menyuplay darah dan nutrisi ke jantung. Supply darah yang berkurang akan membuat jantung bekerja lebih keras sehingga gejala sesak napas, sakit dada, dan detak jantung yang tidak teratur bisa terjadi pada penderita. Pada kondisi terburuk bisa terjadi stroke pada yang bersangkutan.
·           Gagal ginjal; kerusakan pembuluh darah akibat kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan ginjal mengalami kesulitan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sehingga lama-lama fungsi ginjal akan berkurang hingga akhirnya tidak berfungsi lagi sehingga penderita harus melakukan cuci darah.
·           Infeksi; salah satu komplikasi diabetes, yaitu infeksi sering berakhir dengan vonis amputasi pada bagian tubuh yang terserang infeksi oleh dokter. Kadar gula darah yang tinggi pada penderita menyebabkan luka kecil pun sulit disembuhkan sehingga infeksi bisa menyerang dan menjalar ke bagian tubuh lain. Jika sudah demikian maka dokter tak punya pilihan lain selain menghilangkan bagian tubuh yang terinfeksi tersebut.

Oleh sebab itu, perkembangan penyakit diabetes dan munculnya komplikasi diabetes dapat dicegah dengan modifikasi gaya hidup, yakni olah raga dan pola makan.

PIN BB. 29E22F2F