Home » » Mengenal Penyakit Pernafasan di Masyarakat

Mengenal Penyakit Pernafasan di Masyarakat

Sabtu, 01 Februari 2014 | 0 komentar

Mengenal Penyakit Pernafasan di Masyarakat-Bernafas merupakan kebutuhan wajib bagi manusia. Saat bernafas, kita menarik oksigen dari lingkungan luar ke dalam tubuh dimana oksigen ini nantinya akan bertukar dengan karbokdioksida di dalam paru-paru dan selanjutnya oksigen akan dibawa oleh darah ke seluruh jaringan tubuh agar tubuh dapat melakukan aktivitas.

Sistem pernafasan manusia dimulai dari hidung, faring, laring, trakea, bronkus dan paru-paru. Apabila terjadi gangguan pada salah satu bagian dari sistem pernafasan, maka akan dapat mengganggu aktivitas bernafas secara normal yang disebut penyakit pernafasan.

apa itu penyakit pernafasan?
Seperti telah disebutkan di atas, penyakit pernafasan merupakan gangguan pada aktivitas bernafas yang disebabkan karena adanya gangguan pada sistem pernafasan. Gangguan ini dapat disebabkan oleh adanya disfungsi dari sistem pernafasan itu sendiri dan adanya infeksi dari mikroorganisme seperti virus dan bakteri.

Jenis-jenis penyakit pernafasan yang sering ditemui di masyarakat :

1.   Influensa
Disebabkan karena virus influensa yang menyerang tubuh. Gejalanya berupa batuk, pilek dan bersin. Biasanya berlangsung sekitar 3-4 hari.

2.   Asma
Penyakit pernafasan ini dapat menyerang semua usia dari anak-anak sampai orang dewasa. Disebabkan karena adanya penyempitan atau penyumbatan saluran pernafasan akibat alergi (biasanya alergi debu) atau udara dingin.

3.   TBC
Disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium tuberculosa yang menyerang paru-paru. Gejala utamanya berupa batuk-batuk yang tidak kunjung sembuh. Apabila sudah lama dan tidak diobati, bakteri ini bisa menyebar ke seluruh tubuh dan menginfeksi organ tubuh lain.

4.   Pneumonia
Dikenal sebagai radang paru-paru dimana paru-paru terisi cairan. Penyakit pernafasan ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Gejala yang timbul berupa batuk, demam dan sulit bernafas.

Dengan mengetahui jenis dan penyebab penyakit pernafasan bisa membatu kita dalam mengantisipasi yang namanya sakit pernafasan.

Pin BB : 29E22F2F