Home » » Cara Penularan Penyakit AIDS

Cara Penularan Penyakit AIDS

Minggu, 05 Januari 2014 | 1komentar

Cara Penularan Penyakit AIDS-Siapa yang tak pernah mendengar AIDS, penyakit ini terjadi karena virus berbahaya yang disebut Human Immunodeficiency Virusatau disingkat HIV. Penyakit ini sangat berbahaya karena telah banyak merenggut nyawa manusia khususnya generasi muda. Orang yang telah terinveksi virus HIV susah melawan infeksi karena virus tersebut telah merusak sistem imun pada tubuh mereka daya tahan tubuh menurun dan menjadi tidak berdaya. Penyakit AIDS sangat ditakuti banyak orang, apalagi penyakit mematikan ini bisa menular pada siapa saja.

Penularan penyakit ini tidak semudah seperti orang berjabat tangan atau kulit yang bersentuhan secara langsung. Namun penularan terjadi jika ada cairan tubuh pengidap AIDS berpindah ke tubuh orang lain. Sampai saat ini penularan penyakit tersebut diketahui ada empat cara:

•  Hubungan intim, calon pasangan suami istri yang hendak menikah sebaiknya memeriksakan masing-masing diri terlebih dahulu agar mencegah penularan saat melakukan hubungan intim terhadap pasangannya apalagi bagi keturunannya kelak.
  • Penularan dapat juga terjadi melalui pemakaian jarum suntik secara bersama-sama dan saat transfusi darah dimana terjadi pencampuran darah.
  • Keturunan, bagi ibu hamil yang memiliki penyalit AIDS dapat menularkan virus tersebut kepada si bayi selama di dalam kandungan sampai kelahiran.
  • Bagi ibu yang sedang menyusui dan menderita penyakit ini, secara otomatis penyakit yang diderita akan berpindah melalui ASI.
Beberapa cara diatas dapat menyebabkan penyakit AIDS ini tertular, oleh karena itu sedini mungkin menghindari hal-hal yang dianggap membahayakan dan hendaknya memeriksakan diri secepatnya agar mendapat penanganan dan rehabilitasi yang tepat dan cepat. Apalagi penyakit berbahaya ini diketahui sulit disembuhkan.

MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA DENGAN MEMBACA ARTIKEL DIBAWAH SINI: