Home » » Penyebab Hernia Pada Pria

Penyebab Hernia Pada Pria

Kamis, 26 Desember 2013 | 0 komentar

Penyebab Hernia Pada Pria-Penyakit turun berok alias hernia memang banyak disebut sebagai penyakit pria, karena pria mempunyai organ khusus di dalam rongga perut untuk mendukung fungsi organ reproduksinya. Meskipun demikian penyakit hernia dapat pula terjadi pada wanita hingga anak-anak. Pada pria, hernia terjadi karena melemahnya lapisan otot dinding perut karena tekanan yang melebihi kapasitas pada rongga perut. Kelemahan otot ini terjadi akibat proses penuaan dan kebiasaan buruk yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menjadi penyebab hernia.

Kebiasaan buruk penyebab penyakit hernia

Peningkatan tekanan dalam perut yang lambat laun bisa menimbulkan penyakit hernia diakibatkan oleh kesalahan pada saat mengangkat barang-barang berat dengan mengandalkan otot punggung. Selain itu batuk kronik yang dibiarkan tanpa penanganan medis, sering mengalami sembelit, dan susah buang air kecil. Pembesaran prostat juga dapat menjadi salah satu pemicu penyakit turun berok  ini. Salah satu gejala yang terlihat adalah timbulnya benjolan pada bagian lipatan paha setelah batuk, bersin, atau mengejan dan akan hilang kembali saat penderita berbaring.

Pembedahan bukanlah satu-satunya solusi untuk mengatasi penyakit hernia, biasanya bila jaringan hernia dapat direposisi atau dikembalikan pada posisi awalnya, maka penderita hanya perlu mengenakan korset untuk mempertahankan bagian tersebut. Bila tidak dapat  direposisi, maka satu-satunya jalan adalah operasi hernia. Dengan mempraktekkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari Anda dapat menghindari  penyebab hernia sekaligus kemungkinan terserang penyakit tersebut.

MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA DENGAN MEMBACA ARTIKEL DIBAWAH SINI: