Home » » Bagaimana Cara Dokter Mendiagnosis Asma

Bagaimana Cara Dokter Mendiagnosis Asma

Kamis, 14 November 2013 | 0 komentar

Bagaimana Cara Dokter Mendiagnosis Asma-Jika Anda sebelumnya merasa sehat-sehat saja lalu tiba-tiba sering mengalami gejala seperti sesak napas dan napas mendesing, Anda mungkin menderita asma. Agar bisa tahu penyebabnya dengan jelas, sebaiknya Anda pergi ke dokter. Dokter memiliki metode khusus untuk mengetahui apakah Anda menderita asma atau tidak, berikut penyebabnya.

Cara Diagnosis Asma
Berikut ini adalah cara-cara yang biasa digunakan untuk mendiagnosis asma:

•         Pengecekan riwayat kesehatan keluarga, Asma dan alergi seringkali diturunkan, sehingga dokter pertama-tama akan mengecek riwayat kesehatan keluarga. Selain itu, Anda juga akan ditanya tentang alergi yang dimiliki, gejala yang dialami sebelum ini (termasuk apakah napas sering mendesing, sering batuk, sulit bernapas saat malam atau dingin, dan sebagainya). Jangan lupa menyebutkan kondisi yang bisa mempengaruhi asma seperti mendengkur, infeksi sinus, stress dan sebagainya.
  • Pemeriksaan fisik. Pemeriksaan dilakukan dengan stetoskop untuk mendengarkan kondisi saat Anda bernapas, misalnya jika ada suara mendesing yang terdengar ketika menghembuskan napas. Anda juga akan diperiksa untuk kondisi seperti sinus, jalur nasal dan polip, atau kondisi kulit seperti eksim yang sering terkait dengan asma.
  • Tes dengan alat. Biasanya yang digunakan adalah siporemeter, dimana Anda harus menghembuskan napas kuat-kuat ke suatu alat yang dihubungkan dengan pipa.
Pengecualian adalah untuk anak-anak yang usianya di bawah 5 tahun, karena biasanya sulit menggunakan spirometer. Dokter akan cenderung menggunakan pemeriksaan fisik dan bertanya pada orang tua soal riwayat asma di keluarga serta riwayat alergi si kecil.

MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA DENGAN MEMBACA ARTIKEL DIBAWAH SINI:

Diabet Sembuh Dengan Cepat

Penyembuhan Alami Metode Klinik Wienarto

Penyakit Wasir

Wienarto pegawai disdikpra spesialis asma