Informasi Situs :
Home » » Resiko Jamu Sebagai Pengobatan Herbal

Resiko Jamu Sebagai Pengobatan Herbal

Senin, 21 Oktober 2013 | 0 komentar



Resiko Jamu Sebagai Pengobatan Herbal-Selama ini masyarakat mungkin lebih banyak memilih pengobatan herbal atau terapi penyembuhan penyakit dengan obat-obatan yang berasal dari tanaman. Pengobatan tradisional herbal diyakini tidak mempunyai efek samping bagi tubuh. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena sistem kekebalan tubuh manusia selalu bereaksi dengan berbagai zat yang masuk tanpa pernah membedakan apakah zat tersebut zat sintetis atau alami dari tanaman.


Resiko kesalahan ramuan

Resiko terjadinya efek samping bisa terjadi bila ramuan herbal dari tanaman obat tertentu diracik oleh orang yang bukan ahlinya. Efek samping bisa terjadi, karena ada kemungkinan terjadinya kesalahan saat mencari bahan, misalnya keliru mengidentifikasi tanaman obat dengan tanaman lain yang mirip. Hal ini tentu bisa terjadi, karena tanaman-tanaman yang berasal dari keluarga yang sama tentu mempunyai kemiripan. Jika hal ini sampai terjadi, bisa saja muncul efek samping atau toksisitas akibat kandungan zat yang tidak sesuai.

Resiko kesalahan pengolahan

Selain kesalahan identifikasi, dapat pula terjadi kekeliruan dalam proses pengolahan bahan, misalnya perebusan tanaman obat dengan panci logam. Hal ini bisa mencemari ramuan karena senyawa logam akan bercampur dengan obat herbal, sehingga dapat menimbulkan toksisitas atau keracunan. Bagi Anda yang ingin meramu obat herbal, disarankan menggunakan bejana keramik untuk merebus ramuan obat dari tanaman herbal.

Jika tidak ingin mengalami efek negatif dari kesalahan di atas, Anda dapat memilih terapi pengobatan herbal dengan mengonsumsi obat herbal berlisensi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Sebagai konsumen jangan lupa juga untuk selalu waspada dengan mempelajari dulu kandungan obat herbal tersebut berikut masa kadaluarsanya.  







SILAHKAN BERKUNJUNG KE SITUS KAMI

MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA DENGAN MEMBACA ARTIKEL DIBAWAH SINI:





Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KLINIK WIENARTO - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger