Home » » Pengobatan Batuk Akut bukan Antibiotik

Pengobatan Batuk Akut bukan Antibiotik

Selasa, 08 Oktober 2013 | 1komentar

Pengobatan Batuk Akut bukan Antibiotik-Pernahkah Anda mengalami batuk terus-menerus yang tidak sembuh selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu, dan pengobatan biasa dengan obat batuk tidak mempan? Mungkin Anda mengalami batuk akut. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik bila Anda datang dengan keluhan ini, bersama dengan obat batuk dosis tinggi.

Akan tetapi, ternyata antibiotik ini tidak selalu dibutuhkan untuk menyembuhkan batuk akut Anda. Anda bisa menggunakan obat non-antibiotik untuk mengatasi batuk akut.

Pengobatan Tepat, Biaya Murah

Penelitian terbaru yang dilakukan di Swiss terhadap pasien penderita batuk akut di atas 18 tahun menunjukkan bahwa pengobatan dengan antibiotik tidak berpengaruh banyak terhadap jangka waktu kesembuhan pasien. Hal ini karena antibiotik fungsinya lebih ke membunuh bakteri, sedangkan batuk akut biasanya disebabkan virus, yang memang tidak bisa dibunuh oleh antibiotik.

Kecuali jika tes darah menunjukkan adanya infeksi bakteri, penderita batuk akut tidak perlu mengonsumsi antibiotik karena harganya cukup mahal. Selain itu, penderita yang sensitif bisa-bisa malah akan mengalami efek samping seperti gangguan pencernaan, ruam kulit dan diare. Sayangnya, banyak dokter dan pasien yang sama-sama kurang paham bahwa tidak semua batuk akut itu bisa disembuhkan dengan antibiotik. Ingat, antibiotik bukan obat super.

Pengobatan batuk akut yang tidak disebabkan bakteri lebih baik dilakukan secara alami, misalnya dengan banyak minum air, makan makanan bergizi yang hangat dan berkuah, serta memperbaiki tingkat kelembaban di dalam rumah/kamar.

MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA DENGAN MEMBACA ARTIKEL DIBAWAH SINI:

Diabet Sembuh Dengan Cepat

Penyembuhan Alami Metode Klinik Wienarto

Penyakit Wasir

Wienarto pegawai disdikpra spesialis asma